Penyebab dan Solusi Untuk VPN Tidak Connect, Lambat dan Lag

Dalam kehidupan sehari-hari Anda, apalagi Anda yang sangat sering bergulat dengan internet dan media sosial. VPN yang bermasalah pasti sudah menjadi makanan sehari-hari dalam dunia kerja Anda. Penyebab VPN tidak bisa connect pun ada berbagai macam sehingga bisa saja mengganggu Anda.

Tapi, di antara bermacam-macam masalah VPN, pasti selalu akan ada solusi untuk Anda. tanpa basa- basi lagi, yuk simak!

Penyebab-penyebab VPN tidak Bisa Connect

Memang di balik keadaan VPN yang tidak dapat terconnet, terdapat beberapa hal yang menyebabkan VPN tidak bisa connect, di antaranya adalah:

1.      VPN Tidak Cocok dengan Perangkat

Penyebab yang paling mendasar dari penyebab VPN tidak bisa connect adalah karena VPN yang Anda pakai tidak cocok dengan perangkat yang Anda pakai. Biasanya ini terjadi pada pengguna android tipe dulu.

Untuk menghindari terjadinya ketidakcocokan tersebut, sebelum Anda mendownload aplikasi VPN, cobalah untuk mengecek informasi yang biasanya diberikan developer. Lalu kemudian sesuaikan dengan perangkat yang Anda pakai atau perangkat yang ingin Anda pakaikan VPN.

2.      VPN yang di Gunakan Gratis

Penyebab selanjutnya adalah, mungkin karena memakai VPN gratisan yang tidak memiliki fitur mudah untuk terkoneksi. Biasanya tipe VPN seperti ini, akan terus menjebak Anda untuk tetap di dalam aplikasi tersebut seraya menampilkan iklan sampai Anda bisa menghubungkannya.

TRENDING!!!  Kode Rahasia Android yang Jarang Orang Tahu

Maka dari itu, lebih baik Anda segera ganti VPN Anda atau Anda bisa membuat VPN gratisan Anda menjadi VPN premium yang memiliki beberapa fitur yang bagus. Misalnya seperti menghapus iklan dan juga lebih banyak server VPN itu sendiri. Jangan lupa untuk rajin update aplikasinya juga.

3.      Salah Download Aplikasi VPN

Penyebab yang satu ini masih berhubungan dengan penyebab yang kedua. Biasanya ini karena daya tarik dari VPN gratisan itu sendiri sampai-sampai Anda langsung mendownloadnya tanpa peduli dengan rating dan ulasan orang lain terhadap aplikasi VPN tersebut.

Kemungkinan saya VPN yang Anda download adalah aplikasi yang sudah di root terlebih dahulu oleh developernya sendiri. Maka dari itu, ketika Anda mendownload VPN jangan langsung untuk melakukan root karena dapat menyebabkan VPN yang sudah Anda download malah tidak berfungsi semestinya.

4.      VPN Sudah Tidak Bisa Digunakan atau Expired

Selanjutnya adalah, ada kemungkinan aplikasi VPN yang Anda download sudah tidak bisa digunakan lagi atau expired karena sudah ada aplikasi lanjutannya.

Biasanya ini terjadi pada Anda yang mendownload aplikasi VPN tapi sering tidak dipakai lalu tanpa Anda tahu, aplikasi VPN Anda sudah memiliki aplikasi terbarunya sehingga aplikasi VPN yang Anda gunakan tidak bisa di connect ke perangkat Anda.

5.      Jaringan VPN Anda Berubah Secara Tidak Sadar

Penyebab yang terakhir adalah, pengaturan VPN yang mungkin tidak sengaja atau tanpa sadar Anda ubah dari yang awalnya default menjadi custom.

Biasanya ini terjadi karena Anda sering mengubah-ubah DNS internet sampai pengaturannya berubah menjadi custom tanpa Anda sadar. Untuk memperbaikinya Anda bisa mengubah pengaturan DNS VPN Anda menjadi Default atau otomatis kembali.

TRENDING!!!  Cara Upgrade HP 3G ke 4G dengan Mudah dan Praktis, Detail Setiap Merk Smartphone

Solusi Agar VPN bisa Connect, Cepat dan Tidak Lag

Sekarang sudah tahu kan, apa saja penyebab VPN tidak bisa connect berdasarkan dari penjelasan yang sudah kami berikan di atas. Anda bisa menyimak solusi umum yang biasanya sangat berguna untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Simak penjelasannya di bawah ini:

1.      Cek Jaringan Internet

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah, cek jaringan internet Anda agar Anda bisa mengetahui apakah VPN sudah terhubung atau belum pada perangkat Anda. Bila internet Anda sudah terhubung, Anda bisa mencoba untuk meluncurkan aplikasi VPN.

2.      Sambungkan ke Server Lain

Cara selanjutnya bila cara pertama tidak berhasil adalah, dengan cara mengganti server VPN Anda ke server lain. Ini karena, mungkin server yang Anda sering pakai sedang penuh dan menjadi lambat atau lag.

3.      Atur Pengaturan VPN

Anda bisa menuju ke menu pengaturan di aplikasi VPN Anda, lalu ubah aturan atau protokol yang ada di bagian jaringan.

4.      Ada Masalah pada Aplikasi

Selanjutnya adalah, bila Anda masih belum bisa terkoneksi kemungkinan besar kesalahannya terletak pada aplikasi VPN itu sendiri. Misalnya seperti bug , system error dan lain sebagainya yang bisa membuat aplikasi Anda menjadi tidak bisa terhubung.

5.      Firewall Masih Diatur untuk Memblokir Jaringan Asing

Kemungkinan lain penyebab VPN tidak bisa Connect adalah pengaturan firewall Anda masih diatur untuk memblokir jaringan asing. Cek firewall Anda dan ubah aplikasi VPN Anda menjadi ‘kecuali’.

6.      Chat Customer Service Aplikasi VPN

Cara terakhir ini adalah cara yang paling ampuh untuk memperbaiki semua masalah pada aplikasi VPN Anda. yakni Anda hanya perlu untuk menghubungi customer service aplikasi VPN Anda dan menanyakan solusi yang lebih tepat.

Bila VPN Anda sudah bisa terkoneksi kedalam perangkat yang Anda gunakan, tapi malah menjadi lambat. Anda bisa mencoba cara-cara ini untuk mempercepat VPN Anda kembali.

TRENDING!!!  Cara Membuat Google Form untuk Pemula

6.      Restart Perangkat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah merestart perangkat keras Anda agar sistem melakukan refreshing dan membuat perangkat Anda menjadi sedikit lebih cepat.

7.      Beralih ke Kabel

Koneksi internet dengan menggunakan kabel merupakan salah satu cara agar perangkat Anda tidak terlalu bekerja keras dalam menjalankan koneksi VPN.

8.      Nonaktifkan Keamanan Aplikasi VPN

Cara ini sebenarnya terlalu beresiko untuk Anda lakukan, karena meskipun VPN Anda menjadi tidak lambat ada kemungkinan VPN tidak bisa berjalan dengan semestinya. Tidak direkomendasikan untuk memakai cara ini.

Untuk VPN Anda yang mengalami lag saat sedang digunakan, Anda bisa melakukan cara-cara dibawah ini.

1.      Ubah Aplikasi VPN Menjadi Aplikasi Pengecualian Firewall

Seperti yang sudah di jelaskan, firewall ataupun antivirus yang ada di perangkat Anda mungkin saja sudah menghalangi jaringan VPN yang masuk. Maka dari itu, VPN yang Anda gunakan menjadi lag atau terputus-putus.

Ubah aplikasi VPN Anda menjadi aplikasi yang dikecualikan oleh aplikasi firewall Anda, agar koneksi Anda kembali lancar kembali.

2.      Ubah Setting DNS

Anda juga bisa mencoba agar pengaturan DNS Anda menjadi berbeda dengan pengaturan default. Mungkin saja, tanpa Anda sadari Anda bisa mengurangi lag pada VPN yang sedang Anda gunakan.

3.      Ganti Protokol

Bila Anda merasa kalau VPN Anda menjadi lag karena protokol yang Anda gunakan, Anda bisa mengganti protokol Anda menjadi protokol yang lain agar VPN Anda bisa menjadi lebih lancar dari yang sebelumnya.

Sebenarnya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terdapat pada aplikasi VPN, Anda bisa menghubungi costumer service aplikasi VPN tersebut untuk mendapatkan solusi yang lebih tepat.

Tapi setidaknya tidak ada salahnya untuk Anda mencoba sendiri terlebih dahulu dari pada harus menunggu lama.   Penyebab VPN tidak bisa connect sekaligus dengan solusinya semoga bisa membuat hari Anda menjadi lebih lancar lagi kedepannya. Selamat mencoba!