Cara Membuat QR Code dengan Cepat dan Mudah

Pada abad ke 21 ini, sudah menjadi hal umum untuk menemukan QR Code. Kode ini menjadi bagian penting dalam berbagai macam kegiatan sehari-hari. Baik itu untuk pertemuan sosial, berbelanja, pembelian tiket, dan sebagainya. Karena pentingnya ini, bagaimana sih cara membuat QR Code?

Jika Anda penasaran, artikel kali ini akan menjelaskan tentang QR Code dan cara membuatnya secara jelas. Yuk, mari simak semua penjelasannya di bawah ini.

Mengenai QR Code

Kepanjangan dari QR Code adalah Quick Response Code. Bentuk QR Code sendiri berbeda dari barcode. QR Code merupakan sebuah gambar kode piksel berwarna hitam putih, yang ditaruh dalam bentuk kotak kecil.

QR Code bisa terpindai dalam dua dimensi, yaitu vertikal dan horizontal. Sementara barcode memiliki bentuk gambar yang berupa kotak panjang dengan kode garis berwarna hitam putih. Dan hanya bisa terpindai dalam satu dimensi. Bisa dikatakan QR Code adalah bentukan evolusi dari barcode.

Kehadiran dari pemindaian dua dimensi ini membuat QR Code mampu menampung lebih banyak informasi ketimbang barcode. Munculnya QR Code awalnya dibuat oleh perusahaan Denso Wave Corporation asal Jepang.

Mereka ingin memiliki sebuah kode yang bisa dipindai dengan lebih cepat dan menampung lebih banyak informasi. Maka dari itu muncullah QR Code pada tahun 1994. Awal pembuatannya juga hanya untuk melacak kendaraan manufaktur yang diproduksi di Jepang.

Tetapi seiring perkembangan zaman, cara membuat QR Code jadi berubah untuk penyimpanan data yang lebih luas. Tautan halaman, foto, video, pembayaran, dan sebagainya menjadi data dalam QR Code.

TRENDING!!!  Cara Membatasi Bandwidth WiFi IndiHome Dengan Berbagai Cara

Dua Jenis QR Code

QR Code terdiri dari dua jenis dan sudah pasti keduanya memiliki perbedaan yang bisa Anda lihat dengan jelas. Berikut ini penjelasan mengenai jenis jenis QR Code:

1. QR Code Statis

Jenis yang satu ini merupakan jenis QR Code yang sudah tidak bisa diubah. Yang berarti QR Code statis adalah bentuk permanen dengan informasi yang ada didalamnya. Karena sudah tidak bisa diubah lagi, jenis ini sangat cocok untuk kepentingan pribadi.

Jenis QR Code Statis yang tidak bisa diubah lagi, tidak cocok untuk keperluan bisnis atau berbagai kampanye yang bisa berubah sewaktu-waktu. Contoh yang cocok untuk menggunakan QR Code statis adalah RQ Code untuk Wifi, email, plain text, dan juga vCard.

2. QR Code Dinamis

Berbeda dengan QR Code statis, QR Code dinamis justru bisa diubah atau diedit. Jadi penggunaan jenis QR Code ini bisa diubah sebanyak mungkin selama masih diperlukan. Maka dari itu jenis ini sangat cocok untuk keperluan bisnis atau kampanye yang sering berubah-ubah.

Karena selalu berubah, informasi yang ada di dalam QR Code dinamis lebih kecil daripada yang statis. Hal ini karena data tidak langsung tersimpan di dalamnya. Anda akan beralih kepada suatu tautan yang sudah disimpan dalam QR Code.

Contoh yang menggunakan QR Code dinamis adalah kemasan produk, brosur, flyer, pembayaran, kupon, situs halaman, media sosial dan sebagainya.

Cara Membuat Kode QR Menggunakan Handphone

Sekarang ini sudah menjadi hal wajib bagi handphone untuk bisa memindai QR Code. Jika bisa memindai QR Code, tentunya handphone bisa membuat QR Code. Berikut di bawah ini cara membuat QR Code melalui handphone iOS dan Android.

1. Cara Membuat Kode QR di iOS

Langkah-langkah membuat QR Code dengan menggunakan handphone iOS:

  1. Pertama Anda membutuhkan aplikasi untuk membuat QR Code. Silakan buka App Store di iOS Anda dan cari aplikasi pembuat QR Code. Atau langsung unduh aplikasi “QR Reader” pada tautan ini.
  2. Jika sudah terunduh, silahkan install pada iOS Anda dan tunggu beberapa saat.
  3. Buka aplikasi “QR Reader” dalam iOS Anda. Lalu cari ikon panah di bagian sudut kanan atas layar dan silahkan tekan ikon tersebut.
  4. Setelah itu tekan ikon QR Code di bawahnya.
  5. Silahkan tekan tombol plus (+) yang ada di bagian sudut kiri atas layar, supaya langsung memulai pembuatan QR Code.
  6. Di bagian ini Anda akan memilih tujuan atau jenis pembuatan QR Code. Jika Anda ingin membuat QR Code yang bertujuan untuk mengarah ke sosial media Instagram, silakan pilih opsi ‘profil Instagram’.
  7. Kemudian, silahkan masukkan informasi sesuai yang Anda inginkan. Seperti nama akun dan tautan lainnya. Lalu tekan ‘create’ yang ada di bagian sudut kanan atas layar.
  8. Tunggu beberapa saat dan QR Code yang Anda buat akan muncul pada bagian daftar QR Code yang pengguna sudah buat.
  9. Selesai. Anda sudah memiliki QR Code. Anda bisa melihat pratinjaunya dan bisa mengubahnya lagi Jika merasa ada yang salah. Jika sudah benar, bisa langsung bagikan ke pada orang di sekitar Anda.
TRENDING!!!  Penyebab dan Solusi Untuk VPN Tidak Connect, Lambat dan Lag

Cara Membuat Kode QR di Android

Langkah-langkah membuat QR Code dengan menggunakan handphone Android:

  1. Langkah pertama adalah Anda perlu untuk mengunduh aplikasi “QR Code Generator” di Google Play Store terlebih dahulu. Atau silakan masuk ke dalam tautan ini.
  2. Jika sudah mengunduhnya, silahkan instal ke dalam Android anda.
  3. Ketika proses instal selesai, silahkan buka aplikasi “QR Code Generator”. Lalu cari menu ‘text’ yang ada di bagian atas.
  4. Silakan pilih jenis atau tujuan pembuatan QR Code. Jika ingin membuat QR Code yang bertujuan untuk Twitter, silakan pilih opsi ‘twitter’.
  5. Setelah dipilih, Anda bisa langsung memasukkan username twitter Anda dan beberapa informasi yang bisa Anda masukkan.
  6. Jika sudah selesai, silahkan tekan tombol ‘generate’ pada bagian sudut kanan atas untuk memulai proses.
  7. Selanjutnya QR Code pun akan muncul dan pengguna akan mendapatkan pilihan untuk menyimpan gambar, atau langsung membagikan QR Code tersebut.

Cara Membuat Kode QR Melalui Laptop/PC di Situs Online

Selain menggunakan handphone, Anda juga bisa membuat kode QR melalui laptop/PC. Cara ini terbilang mudah karena Anda hanya memerlukan kuota internet untuk membuka situsnya secara online. Berikut cara membuat QR Code melalui laptop/PC di situs online.

  1. Pertama silahkan buka browser di dalam laptop/PC Anda dan cari situs untuk membuat QR Code.
  2. Ada berbagai macam situs pembuat kode QR yang bisa Anda dapatkan di internet. Tetapi untuk mempermudah, Anda bisa masuk ke situs goqr.me.
  3. Jika sudah masuk ke situs tersebut, Anda akan melihat 3 langkah pembuatan QR Code.
  4. Silakan pilih tipe di bagian nomor 1, model kode QR yang ingin Anda buat.
  5. Jika memilih kode QR untuk URL, maka akan muncul kotak alamat situs yang harus Anda masukkan pada bagian nomor 2. Silakan masukkan alamat situs yang ingin Anda buat kode QR, lalu tekan enter.
  6. Otomatis, bagian nomor 3 Live preview akan langsung membuat kode QR alamat situs Anda.
  7. Silakan pilih ‘Embed’ untuk bengubah warna, ukuran, bahkan koreksi kode QR.
  8. Jika semua sudah benar, Anda tinggal menekan tombol ‘Download’.
  9. Selesai, kode QR sudah tersimpan ke dalam laptop/PC Anda.
TRENDING!!!  Kode Rahasia Android yang Jarang Orang Tahu

Ada berbagai macam cara membuat QR Code. Tentunya dengan berbagai macam aplikasi dan situs yang memberikan fitur untuk pembuatan QR Code, mempermudah para pengguna untuk membuatnya.