Jangan Sampai Salah! Inilah Cara Mengatasi HP Terkena Air

Cara mengatasi HP terkena air berikut ini bisa Anda jadikan sebagai pertolongan pertama ketika HP Anda terkena air atau terjatuh di air. Karena meski sangat canggih, HP kita nyatanya sangat rentan terkena air bahkan bisa langsung rusak.

Meski sudah banyak HP yang mengusung teknologi anti air namun tidak serta merta semua HP jika terjatuh ke dalam air.

Cara Untuk Mencegah HP Rusak karena Terkena Air

Ketika Hp kemasukan air, atau bahkan tenggelam, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik dan langsung lakukan cara yang pertama.

1. Segera Angkat HP

Cara yang pertama kali harus Anda lakukan tentunya adalah dengan  mengangkat HP sesegera mungkin.  Dengan melakukan ini, HP Anda tidak akan kemasukan air lebih banyak lagi.

Bila Hp sedang mengisi daya, pastikan untuk mencabut charge terlebih dahulu sebelum Anda mengangkatnya untuk menghindari kecelakaan yang tidak Anda inginkan.

2. Matikan HP

Langkah kedua adalah,sesegera mungkin untuk mematikan HP agar tidak terjadi konslet yang lebih parah pada bagian CPU HP. Jika HP masih dalam keadaan hidup, langsung matikan HP, untuk menghindari terjadinya korsleting listrik pada komponen HP.

3. Cabut Baterai

Jika Anda sudah mematikan HP,langkah selanjutnya adalah Anda harus mencabut baterai. Tolong ingat ini, hal pertama yang harus Anda cabut adalah baterai terlebih dahulu. Ini untuk menghindari adanya system error pada bagian baterai HP dan malah membuat HP tidak bisa melakukan charge lagi.

TRENDING!!!  Cara Membuat Akun SSH Gratis dengan Mudah untuk Pemula

4. Cabut Kedua SIM dan SD Card

Jika Anda sudah mencabut baterai, lanjutkan dengan mencabut kedua SIM Card, dan juga SD Card yang terpasang di HP. Sama seperti kasus baterai, dengan mencabut kedua SIM Card dan juga SD Card yang terpasang akan menghindari kerusakan lebih parah pada bagian tersebut.

Bila bagian tersebut rusak, HP akan sulit untuk mendeteksi SIM dan juga SD Card dan berakhir dengan kerusakan sistem HP. Cara Mengatasi HP Terkena Air ini sangat penting, karena seperti yang Anda tahu, untuk bisa bersosial media Anda membutuhkan SIM Card.

5. Keringkan Air di Seluruh Bagian Body HP

Langkah selanjutnya, Anda bisa mengambil handuk kering untuk mengeringkan seluruh bagian HP Anda yang basah karena terkena air. Perlu diingat, Anda tidak perlu mengguncang HP saat sedang mengeringkannya, karena itu akan membuat air yang akan keluar malah semakin masuk kedalam HP.

Untuk mengeluarkan air didalam HP dengan perlahan, Anda bisa mendirikan HP dengan lubang charger di bagian bawah. Ini akan membuat air di dalam HP keluar secara perlahan ketika Anda sedang mengeringkan HP.

6. Menggunakan Alat Penyedot Debu

Memang kelihatan tidak masuk akal, tapi menggunakan alat penyedot debu untuk mengeluarkan sisa air yang masih ada di dalam HP Anda merupakan hal yang patut untuk dicoba. Cara Mengatasi HP Terkena Air yang satu ini diperlukan agar bagian dalam HP terutama mesin HP benar -benar kering dari air.

Tapi, tolong jangan pernah sekalipun berpikir untuk meniup bagian dalam HP dari lubang charge Anda. Alih-alih mengeringkan, hal ini malah membuat air menjadi lebih menyebar di bagian mesin HP.

TRENDING!!!  Cara Upgrade HP 3G ke 4G dengan Mudah dan Praktis, Detail Setiap Merk Smartphone

7. Meletakkan HP di dalam Tumpukan Beras

Bila Anda tidak memiliki penyedot debu untuk mengeringkan bagian dalam HP, Anda bisa mencoba untuk mengubur HP di dalam beras untuk sekitar 1 minggu agar air didalam HP kering sempurna.

Cara unik ini sudah dipakai oleh beberapa oran dan hasilnya selalu memuaskan. Ini semua karena beras memiliki bisa dengan mudah menyerap air.

Anda bisa mengikuti caranya seperti berikut:

  • Anda bisa menggunakan plastik ataupun mangkuk besar yang sudah diisi beras sekitar 3 mangkuk.
  • Lanjut, Anda bisa mengubur semua perlengkapan HP Anda seperti body HP, SIM card, SD Card ke dalam beras.
  • Tunggu hingga sekitar 1 minggu agar air di dalam HP benar-benar menghilang.
  • Lalu lakukan uji coba pada HP, apakah bisa dinyalakan atau tidak.

Atau selain menggunakan beras, Anda juga bisa menggunakan bahan yang dapat menyerap air lainnya, contohnya seperti menggunakan Gel Silika, ataupun menggunakan pasir kucing yang bersih untuk menguranginya.

8. Lakukan Uji Coba pada HP

Langkah yang terakhir, adalah dengan melakukan uji coba pada HP yang sudah dikeringkan. Pasang baterai, SIM Card dan juga SD Card pada HP dan nyalakan. Cek apakah HP sudah bisa menyala dengan baik atau tidak.

Bila HP bisa menyala dengan baik dan tidak ada masalah, Anda bisa melanjutkan langkahnya dengan mencharge HP.

Tapi bila ketika menyalakan HP terlihat adanya kerusakan seperti layar yang berbayang, atau SIM dan SD Card tidak bisa terbaca, silakah untuk mengunjungi servis HP terdekat untuk mengatasinya.

Karena kemungkinan besar, HP mengalami kerusakan pada mesin atau system HP. Hal tersebut hanya bisa diperbaiki oleh seorang ahli.

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan ketika HP Terkena Air

Ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan ketika HP terkena air atau bahkan tenggelam. Beberapa hal ini termasuk kedalam cara Mengatasi HP terkena Air.

TRENDING!!!  Penyebab dan Solusi Untuk VPN Tidak Connect, Lambat dan Lag

1. Menyalakan HP

Seperti yang sudah kami jelaskan, Anda tidak boleh langsung menyalakan HP ketika Hp terkena air di bagian yang penting.  Ini untuk mencegah adanya konslet pada HP Anda.

2. Menekan Tombol yang Ada pada Body HP

Ketika HP sedang dalam keadaan kemasukan air, usahakan untuk tidak menekan tombol apapun yang ada di badan HP. karena itu akan membuat air yang ada di sela-sela tombol tersebut semakin masuk kedalam HP.

3. Mengguncang dan Meniup HP

Seperti yang sudah kami jelaskan, mengguncang atau bahkan meniup HP dari lubang Charge, akan membuat air semakin menyebar dan semakin masuk kedalam mesin HP. Hal akan membuat CPU mengalami error dengan kemungkinan terburuk, HP tidak bisa nyala kembali.

4. Menggunakan Hair-dryer

Menggunakan alat penyedot debu untuk mengeluarkan air di dalam HP memang benar, tapi Anda tidak boleh menggunakan Hair-dryer untuk mengeringkan air yang ada di dalam HP.

Karena, panas yang dihasilkan memang akan mengeringkan air di dalam HP tapi juga akan mengeringkan mesin HP yang justru akan membuat HP menjadi rusak.

5. Memutar-mutar HP

Sama halnya dengan mengguncang HP, terlalu banyak memutar-mutar HP juga akan membuat air di dalam HP semakin menyebar dan masuk kesela-sela mesin HP.

Meski terlihat cukup sulit dan mustahil bagi sebuah HP android bisa bertahan untuk tidak rusak ketika terkena air. Namun jika melakukan cara penanganan yang tepat. Maka HP tidak perlu masuk ke ruang servis.

Cobalah menerapkan cara mengatasi HP terkena air di atas untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang Anda hadapi. Dan mudah-mudahan HP milik Anda tidak jadi rusak sehingga masih bisa Anda gunakan.